top of page
  • Writer's pictureHakuhodo Digital

Mengungkap Kekuatan SEO untuk Meningkatkan Kekuatan Kompetitif Brand



Brand akan selalu mencari cara untuk meningkatkan kekuatan kompetitif di pasar. Dan di era digital saat ini, hal ini berarti memiliki kehadiran online yang kuat. Tetapi dengan jutaan situs web bersaing untuk perhatian di internet, bagaimana brand Anda bisa menonjol from the crowd?


Jawabannya terletak pada SEO, atau optimasi mesin pencari. SEO adalah praktik mengoptimalkan situs web dan konten sebuah Brand untuk menempati peringkat lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari (SERP) untuk kata kunci dan frasa yang relevan.




Dengan SEO, Brand dapat meningkatkan visibilitas, menarik lebih banyak traffic ke situs Brand, dan dapat meningkatkan awareness hingga conversion untuk sebuah bisnis.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa SEO sangat penting bagi kesuksesan sebuah Brand:


1. Meningkatkan Visibilitas

Ketika orang mencari produk atau layanan, mereka cenderung memulai pencarian mereka di Google atau mesin pencari lainnya. Dan jika situs web sebuah Brand tidak muncul di halaman pertama hasil pencarian, Brand kehilangan kesempatan yang berharga dan pelanggan potensial. Dengan berinvestasi dalam SEO, peringkat brand dapat ditingkatkan sehingga kemungkinan ditemukan oleh orang-orang yang sedang mencari apa yang sebuah Brand tawarkan akan meningkat.


2. Membangun kredibilitas dan kepercayaan.

Ketika situs web sebuah Brand muncul di bagian atas hasil pencarian, hal tersebut akan meningkatkan kredibilitas Brand dan secara tidak langsung meningkatkan kepercayaan konsumen. Dengan menunjukkan expertise & authority melalui situs web dan konten, Brand dapat menjadi salah satu thought leadership dan mendapatkan kepercayaan dari calon konsumen.


3. Mendapatkan traffic yang berkualitas ke situs Brand.

Salah satu keuntungan terbesar dari SEO adalah memungkinkan Brand untuk menargetkan kata kunci dan frasa tertentu yang relevan. Ini berarti orang-orang yang menemukan situs web Anda melalui mesin pencari sudah tertarik dengan apa yang ditawarkan. Dengan mengoptimalkan situs Brand untuk kata kunci ini, traffic yang anda dapatkan berkualitas tinggi sehingga dapat meningkatkan kemungkinan berkonversi menjadi prospek dan pelanggan.


4. Menghasilkan ROI yang tinggi.

Dibandingkan dengan saluran pemasaran lainnya, SEO dapat menjadi cara yang sangat hemat biaya untuk mengarahkan lalu lintas dan pendapatan untuk sebuah Brand. Meskipun membutuhkan investasi awal dalam waktu dan sumber daya, manfaat jangka panjangnya dapat signifikan.


Langkah Dasar Sebelum Mempraktikan SEO


Setelah mengetahui penjelasan dan manfaat dari SEO mungkin Anda akan bertanya, bagaimana cara memulai untuk mengaplikasikan SEO ke dalam website brand? Berikut ini adalah langkah-langkah dasar yang perlu Anda siapkan sebelum mengaplikasikan SEO ke dalam website atau webpage.


Lakukan Research

Hal paling mendasar sebelum bertindak adalah mengumpulkan segala sesuatu untuk mendukung keputusan Anda. Begitu juga halnya sebelum mempraktikan SEO, Anda perlu melakukan research. Mulailah dari memahami bisnis Anda dengan melakukan business research dan competitor analysis. Pahami apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan pada brand Anda maupun kompetitor. Selanjutnya lakukan keyword research atas produk, layanan, atau topik yang ingin Anda kembangkan.


Planning dan Strategy

Sesudah seluruh amunisi yang dibutuhkan telah tersedia, waktunya Anda duduk sebentar untuk menyiapkan rencana serta strateginya. Ini termasuk keputusan bagaimana bentuk konten yang ingin dibuat, struktur link pada website, mengatur sosial media, hingga teknik pengimplementasian dari strategi tersebut.


Implementation

Selanjutnya adalah tahap implementasi atau eksekusinya. Pastikan seluruh checklist terpenuhi sehingga upaya optimalisasi bisa berjalan dengan lancar.


Monitoring dan Assessment

Lakukan pengecekan secara berkala dan buat report per minggu atau per bulan baik terhadap performansi di website maupun pada strategi. Gunakan metrics yang diperlukan untuk dapat melihat perkembangan traffic pada website Anda.


Maintenance

Lakukan pemeliharaan pada website secara berkala. Lihatlah apakah ada masalah-masalah kecil atau cukup besar yang perlu ditangani sesegera mungkin dan mengganggu pengoperasian website atau tidak. Periksa juga setiap kali konten akan di-publish, apakah masih ada elemen-elemen yang terlewatkan atau tidak.


Apakah Anda ingin tahu bagaimana tim SEO kami bekerja?


Hubungi kami sekarang dan mari bersama kita mulai berkolaborasi!


HKHD - 20 Years - HD Version - FA 002C.png

Contact Us +62 21 7248002 | Fax +62 21 7208782

  • LinkedIn
  • Instagram
  • TikTok

© 2023 by Hakuhodo Digital Indonesia

bottom of page