top of page
  • Writer's pictureHakuhodo Digital

Influencer Marketing and The Power Behind It




Influencer marketing adalah salah satu bentuk dari online marketing. Mereka tidak selalu menjadi orang terkenal namun, memiliki 'power' untuk memengaruhi para audiensnya berdasarkan opininya.



Influencer marketing bukanlah hal yang asing lagi di telinga kita. Nyatanya, topik ini sempat booming beberapa tahun yang lalu dan banyak brand yang menggunakan jasa para influencer di berbagai media. Namun, sayangnya masih banyak yang bingung apa itu sebenarnya influencer marketing dan mengapa influencer marketing dapat menjadi kunci penting bagi kesuksesan campaign brand Anda. Mari simak di bawah ini penjelasannya.

Influencer Marketing Intinya adalah….

Influencer marketing merupakan gabungan dari old & new marketing tools yang berkolaborasi dengan suatu brand untuk memasarkan salah satu produk atau jasa. Terkadang kolaborasi atau kerja sama ini hanya untuk meningkatkan awareness para pelanggan terhadap brand tersebut.

Satu hal yang perlu diingat adalah influencer marketing bisa jadi siapa saja dan tidak perlu seseorang yang terkenal seperti artis atau selebriti. Mereka disebut sebagai seorang “influencer” karena memiliki kemampuan untuk dapat memengaruhi keputusan para audiensnya berdasarkan opini atau review yang diberikan. Salah satu ciri dari seorang influencer adalah segmen audiensnya yang cenderung mengerucut atau niche.

Pentingnya Influencer bagi Campaign Anda

Setelah mengetahui apa itu influencer marketing, Anda mungkin akan bertanya,

“Bila seorang influencer tidak selalu orang yang dikenal khalayak banyak, mengapa mereka bisa menjadi kunci penting dari sebuah campaign?”

atau,

“Mana yang lebih efektif dalam memasarkan produk/layanan jasa saya: menggunakan influencer marketing dengan segmen audiens tertentu atau menggunakan artis dan selebriti terkenal?”

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, Anda perlu memastikan beberapa hal seperti:

  • Campaign goal. Apakah hanya sekedar awareness atau sampai di titik transaksional (purchasing).

  • Target audience. Kepada siapa Anda akan memasarkan produk atau layanan ini.

  • Budged. Berapa besar budget marketing yang Anda miliki untuk campaign ini.

Selanjutnya, berikut ini alasan mengapa Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan influencer marketing dalam sebuah campaign.

Precise Targeting

Menentukan target audiens yang tepat adalah salah satu bagian dari strategi marketing dan sering menjadi langkah yang cukup sulit. Influencer marketing memungkinkan Anda untuk melewati langkah ini karena mereka yang akan membawa target audiens kepada Anda. Anda cukup memastikan apakah influencer tersebut sesuai dengan persona dari brand’s image.

Enhanced Brand Awareness

Salah satu kemampuan yang dimiliki oleh influencer adalah mereka memiliki ‘power’ untuk memperluas eksposur dan meningkatkan awareness terhadap suatu brand. Bekerja sama dengan influencer memungkin untuk ‘menggiring’ followers-nya ke brand Anda.

Increased Trust and Credibility

Kekuatan terbesar dari seorang influencer adalah kepercayaan para audiens atau followers-nya. Hal ini tidak dibangun dalam satu, dua bulan namun, melewati proses yang cukup lama. Oleh karena itu, seorang influencer biasanya akan memberikan review jujur terhadap suatu barang atau jasa dari sebuah brand. Hal ini dapat dipertimbangkan sebagai authentic testimonial yang dapat memperkuat citra dan kredibilitas brand Anda.

Cara Menentukan Influencer Marketing dengan Tepat

Setelah mengetahui pentingnya seorang influencer bagi kesuksesan campaign atau brand Anda, sekarang waktunya kita membahas bagaimana cara menentukan influencer yang tepat. Secara sederhana ada dua cara untuk menentukan influencer yang akan Anda pilih dalam sebuah campaign. Pertama pahami, analisis, dan kembangkan brief yang ada dari brand Anda. Kedua sesuaikan pemilihan profil influencer dengan strategi KOL yang telah disusun dan bagi berdasarkan fase-fase dari campaign.

Sekarang, waktunya kita bedah lebih detail pada poin kedua. Ada tiga langkah penting saat ingin memilih influencer, di antaranya:

Checking on the Performance

Setelah melakukan sinkronisasi antara kebutuhan brand dan brief yang diberikan, Anda dapat memulai dengan melihat performance dari beberapa influencer dengan mempertimbangkan engagement rate-nya.

Engagement rate atau yang biasa disingkat ER ini merupakan sebuah metrik untuk melihat seberapa aktif audiens dengan kontennya. Semakin tinggi persentase ER-nya menunjukkan keberhasilan dari sebuah konten untuk menarik perhatian para followers dengan meninggalkan jejak digital seperti like, comment, share, dan save post.

Selanjutnya, Anda dapat menggolongkan influencer berdasarkan jumlah followers seperti:

  • Nano influencers: kurang dari 10.000 followers.

  • Micro influencers: antara 10.000 hingga 100.000 followers.

  • Macro influencers: antara 100.000 and 1 juta followers.

  • Mega influencers: lebih dari 1 juta followers.

Mengetahui tipe influencer akan berguna untuk menentukan budget yang akan dikeluarkan untuk influencer tersebut.

Checking on the Background

Ada dua cara untuk melakukan background checking terhadap influencer yaitu:

  • Check real followers

Seorang influencer biasanya ditandai dengan banyaknya pengikut mereka di sosial media, entah itu nano influencer atau mega influencer. Namun, Anda perlu memperhatikan apakah followers tersebut adalah fake atau bot. Anda dapat melakukan pengecekan secara manual atau menggunakan free tools yang ada di internet.

  • Check the news & circle

Penting untuk melihat berita seputar influencer yang akan Anda ajak kerja sama. Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko backfire karena kesalahan atau kontroversi dari influencer tersebut yang berakibat buruk ke citra brand. Anda dapat melakukan cek manual dimulai dari berita/news terkait influencer tersebut di media, kontennya apakah kontroversial atau tidak, circle/pertemanan mereka yang baik-baik saja, dll.


Checking on the Rate and Make Comparison

Langkah yang terakhir adalah melihat rate card influencer tersebut. Kita tidak boleh berbohong di setiap campaign pasti ada limitasi budget yang diberikan. Melihat ini Anda pun harus dengan bijak memilih influencer yang selain tepat dengan brand’s image dan target audience, tapi juga sesuai dengan budget dari campaign tersebut. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui perhitungan dari ER, tipe influencer, dan perbandingan rate card dengan influencer sejenis. Hal ini demi menghindari overprice pada influencer.

Kesimpulan

Influencer marketing adalah salah satu dari strategi marketing yang dapat membantu brand Anda untuk meningkatkan awareness ataupun penjualan. Pemilihan influencer yang tepat dapat membantu bisnis Anda mencapai goals yang diinginkan. Namun, pemilihan influencer yang salah dapat berakibat fatal atau backfire ke brand Anda.

Selanjutnya mungkin Anda akan bertanya, apa yang membuat influencer marketing di berbagai sosial media platform begitu istimewa? Salah satunya, yaitu influencer marketing di TikTok. Apa yang membuat mereka begitu populer dan terkenal? Bagaimana semua brand berusaha untuk go digital dan memanfaatkan momen yang ada?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan kita jawab pada artikel selanjutnya. So stay tuned! Bila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan bantuan untuk menangani sebuah campaign yang melibatkan influencer marketing, feel free to contact us at …..


Comments


bottom of page